Kegiatan Magang Di BRI Unit Pasar Anyar Minggu ke 1 - 3
"Imagine a world where every challenge you face becomes an opportunity for growth, and every setback is a stepping stone to success. Welcome to a journey where transformation starts with a single step—yours."
-This quote's intended to inspire both myself and the magnificent souls across the universe-
Saya Kadek Sintia Sayang sebagai mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha yang berasal dari jurusan Manajemen Prodi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi. Dimana Saya akan melakukan program magang yang dikeluarkan oleh kampus yang disebut dengan program magang Iduka.
Tanggal 26 Agustus 2024 merupakan hari pertama pelaksanaan magang saya di BRI unit Pasar Anyar. BRI unit Pasar Anyar menjadi lokasi magang saya saat program magang Iduka berlangsung sampai berakhir. Hari pertama pelaksanan kegiatan magang yakni pada hari senin, saya datang ke kantor BRI unit Pasar Anyar pada pukul 07.00 Wita Kemudian diarahkan ke lantai 2 tempat staf atau pegawai bagian back office bekerja oleh mentor saya atas nama Ketut Intan dewiyani. Pada pukul 07.30 Wita saya diarahkan oleh Kepala unit Bank BRI Pasar Anyar untuk mengikuti Briefing di lantai 1 bersama karyawan lainnya. Setelah diberikan arahan pada saat briefing saya dijelaskan di mana divisi yang akan ditempatkan. Saya ditempatkan pada divisi operasional back office, kegiatan dan tugas pertama yang di minta untuk saya lakukan yakni mulai menghubungi nasabah BRI melalui telepon secara personal yang sudah diberikan, dengan tujuan agar saya dapat menginformasikan nasabah untuk melanjutkan atau memperpanjang keikutsertaan nasabah terhadap salah satu produk BRI yang ditawarkan, dan meminta untuk nasabah agar dapat hadir ke kantor untuk menandatangani surat kuasa secara resmi untuk memastikan bahwa nasabah secara sadar dan sukarela berkeinginan untuk memperpanjang atau melanjutkan keikutsertaannya pada salah satu produk yang ditawarkan.
Kegiatan kedua yang dilakukan setelah menginformasikan mereka jika bersedia secara sukarela melanjutkan, serta mengkonfirmasi waktu kehadiran mereka ke kantor. Dilanjutkan dengan mengisi informasi nasabah, informasi tersebut saya isi pada surat nantinya akan diteruskan kepada supervisor yang bertugas, serta proses selanjutnya akan langsung ditangani oleh supervisor dan kepala unit serta pihak nasabah. Selain itu juga dari sekian nomor telepon yang dapat dihubungi terdapat pula beberapa nomor yang tidak terhubung ataupun tidak aktif baik ketika dihubungi melalui WhatsApp maupun telepon seluler, nomor-nomor nasabah yang tidak aktif ini nantinya dikumpulkan dan menyerahkannya kepada supervisor. Kemudian dari supervisor akan meminta customer service untuk memastikan informasi nasabah, Sehingga nantinya mantri dapat langsung terjun ke lapangan.
Kegiatan ketiga yang saya lakukan yakni menemani salah satu pegawai BRI, ataupun sendiri untuk melakukan pendataan nasabah BRI yang ada pada wilayah sekitaran Pasar Anyar. Kegiatan dilakukan dengan terjun langsung ke pasar mendata para pedagang satu persatu dan menanyai para pedagang apakah mereka merupakan nasabah BRI atau tidak. Jika merupakan nasabah BRI produk BRI apa saja yang sudah dimiliki, serta memastikan dagangan atau jenis usaha apa yang mereka lakukan sehingga pada saat pencatatan sesuai dengan kategori jenis usaha. Dan jika pedagang bukan merupakan nasabah BRI atau belum pernah menjadi nasabah BRI maka akan menawarkan, apakah mereka tertarik untuk menjadi nasabah Bank BRI. Pada awalnya selama terjun langsung ke pasar data yang dikumpulkan masih tertulis pada selembaran kertas dan nantinya ketika pendataan pada hari tersebut sudah berakhir dan akan dilanjutkan besok. Maka ketika kembali ke kantor kegiatan saya dilanjutkan dengan menyalin data pada selembaran kertas tersebut ke buku. Data akan disalin sesuai dengan format yang telah ada pada buku pedagang pasar tersebut sehingga lebih mudah untuk dicek karena telah sesuai dengan kategori dan jenis usaha para pedagang tersebut.
Kegiatan keempat yang saya lakukan yakni memasukkan data pada buku yang ditulis tangan ke dalam Microsoft Excel. Jenis format pada buku pedagang Pasar Anyar dengan format excel memiliki sedikit perbedaan sehingga saya perlu memperhatikan agar tidak membuat kesalahan. Data dimasukkan sesuai dengan jenis kategori usaha pedagang sehingga memastikan untuk data tersebut beraturan dan berurutan sehingga mudah untuk dicek nantinya.
Secara keseluruhan kegiatan kegiatan yang dilakukan tidak bisa dilakukan tuntas selama 1 hari. Kegiatan ini harus dilakukan secara berkala sehingga prosesnya dapat terukur dengan jelas dan lengkap. Seperti kegiatan menghubungi nasabah secara personal melalui telepon harus dilakukan secara berkala. Serta selama proses menghubungi terdapat sejumlah nasabah yang nomor teleponnya aktif namun tidak menjawab pada saat dihubungi. Sehingga perlu untuk menghubungi kembali agar dapat memastikan bahwa nasabah memang masih aktif. Proses ini memang memerlukan waktu yang panjang karena tidak bisa dilakukan tuntas dalam satu hari.
Kemudian hal serupa juga berlaku pada saat terjun langsung untuk mendata nasabah pada pasar, Hal ini dikarenakan ruang lingkup pasar yang sangat luas dan jumlah pedagang pada pasar yang sangat banyak sehingga diperlukan waktu untuk dapat mendata keseluruhan pedagang sekitaran pasar. Karena pendataan tidak hanya dilakukan untuk pedagang yang merupakan nasabah Bank BRI saja namun juga kepada pedagang-pedagang yang memiliki potensi untuk berkeinginan menjadi nasabah di Bank BRI, tidak jarang selama kegiatan terdapat berapa pedagang yang tidak bisa langsung ditanyai karena sedang melayani pelanggan yang datang untuk berbelanja di sana, sehingga agar tidak mengganggu aktivitas mereka maka saya akan melanjutkan untuk mendata pedagang lainnya terlebih dahulu sebelum kembali ke pedagang sebelumnya.
Dalam blog ini kemungkinan saya belum dapat melampirkan beberapa foto kegiatan yang saya lakukan selama magang di BRI. Serta mohon permaklumannya karena beberapa kegiatan tidak bisa saya ambil dokumentasinya karena satu dan lain hal, salah satu alasannya karena saya magang di BRI unit Pasar Anyar seorang diri dan terkadang saya tidak sempat untuk mendokumentasikan Kegiatan saya selama magang. Sekian yang dapat saya bagikan mengenai kegiatan magang saya di BRI unit pasar anyar, Semoga apa yang saya sampaikan dalam blog ini dapat memberikan pemahaman maupun manfaat yang baik bagi para pembaca mengenai kegiatan apa saja yang saya lakukan selama magang.
Komentar
Posting Komentar