Kegiatan Mangang Di BRI Unit Pasar Anyar Minggu ke 4 - 8

Saya Kadek Sintia Sayang sebagai mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha yang berasal dari jurusan Manajemen Prodi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi. Dimana Saya akan melakukan program magang yang dikeluarkan oleh kampus yang disebut dengan program magang Iduka. 

Kegiatan Minggu Ke-4 sampai 8 di awali dengan melaksanakan Briefing Pagi atau Doa pagi bersama dibarengi dengan sharing kegiatan pegawai BRI. Kegiatan mendata nasabah di wilayah pasar dilaksanakan seperti biasa, dimana mendata langsung kepasar informasi pedagang dicatat terlebih dahulu dalam selembar kertas di suatu area. Setalah area yang ditentukan selesai di data maka dilanjutkan dengan menyalin informasi di buku yang memang digunakan sebagai buku data. Informasi di salin sesuai dengan format yang sudah ada sesuai dengan kategorinya agar mudah untuk ditinjau kembali. Informasi yang telah disalim selanjutnya akan di salin kembali ni Ms Ecxel sesuai juga dengan format dan kategori informasi.


Kegiatan menemani pegawai mengunjungi nasabah merupakan kegiatan yang dilakukan saat magang berlangsung. Selama menemani banyak pembelajaran yang didapatkan saat terjun kelapangan langsung. Kegiatan yang dilakukan seperti membantu pegawai mendokumntasikan kunjungan, menyiapkan berkas yang diperlukan selama kujungan pegawai. Bagaimana pegawai berkomunikasi dengan nasabah menjadi salah satu pembelajaran penting selama kegiatan. Komunikasi yang dilakukan dengan tujuan berbeda - beda seperti mengenai keperluan kredit, pengihan kredit, hingga penawaran kredit ke nasabah. 


Selama kegiatan cara berkomunikasi sangat menetukan keberhasilan pencapaian tujuan kunjungan. Memperhatikan dan belajar dari bagaiamana pegawai melakukan komunikasi langsung dengan nasabah menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan memerlukan pemahaman, kontrol diri, dan pengetahuan ketika nasabah mengajukan pertanyaan yang perlu di jawab sesuai dengan ketentuan dari BRI. Terkadang selama berkomunikasi sangat diperlukan pemahaman mengenai karakter nasabah yang sangat berbeda - beda agar maksud dan tujuan kunjungan dapat tercapai dan terlaksana.


Kendala yang sering timbul selama menemani pegawai selama kunjungan seperti nasabah yang tidak ada ditempat saat itu. Serta lokasi nasabah baru yang lokasi tepatnya belum diketahui namun dengan pengalaman pegawai lokasi kunjungan dapat di temukan seperti bertanya dengan penduduk sekitar. 


Membantu menyalin atau mencatat transaksi harian pegawai dalam produk yang di keluarkan BRI menjadi salah satu rutinitas yang dilakukan selama kegiatan magang. Mencatat kegiatan ini biasanya dilakukan di sore hari, dimana seluruh pegawai sudah ada di kantor sehingga lebih mudah untuk dimintai informasi seperti transaksi dimana dan atas nama usaha siapa saja yang sudah dilakukan transaksi. Hal ini dilakukan agar pencatatan dimuka dapat sesuai dengan list yang sudah ada. Setiap pegawai tidak selalu melakukan transaksi setiap hari, namun menanyakan apakah ada transaksi dilakukan tetap setiap hari. 


Kegiatan harian yang dilakukan setiap hari maupun bulanan seperti membantu menyalin informasi ke papan informasi yang sudah ada. Informasi yang disalin sesuai dengan format dan kategori yang sudah ada di papan informasi. Untuk dapat rutin mencatat informasi harian dipapan informasi akan diaediakan oleh pegawai sehingga informasi yang akan dicatat dapat sesuai dengan informasi yang nyata. Kendala yang dijumpai dimana pada saat hari sabtu pegawai melaksanakan lembur namun karena saya libur maka informasi pada hari jumat tidak dapat di catat namun kendala ini dapat diatasi dengan menyalin data di hari senin.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Magang Di BRI Unit Pasar Anyar Minggu ke 1 - 3

Kegiatan Magang Di BRI Unit Pasar Anyar Minggu ke-13 sampai 14

Kegiatan Magang Di BRI Unit Pasar Anyar Minggu Ke 15 Sampai Terkahir